Article Detail

Mengamati Ikan

PBR

Mengamati “Ikan”

Guru menyiapkan satu ekor ikan hidup, toples kaca, pelet/makanan ikan.

  1. Ikan berada di dalam toples yang berisi air
  2. Guru mengajak anak-anak  untuk mengamati ikan,   kemudian guru memulai dengan pertanyaan
  • Ikannya sedang apa ya……… (sedang berenang……)
  • Berenangnya dimana………… (di air…..)
  • Coba dilihat…..apa saja yang dimiliki ikan…..(matanya ada dua, warnanya merah, pipinya gerak-gerak, mulutnya satu buka tutup buka tutup, punya sirip, ekor, sisik……dan masih banyak lagi jawaban anak-anak)
  • Sirip ikan untuk apa ya? ( berenanggg)
  • Kalau ekornya untuk apa anak-anak?  (dibelok-belokkan…)
  1. Percobaan berikutnya ikan diangkat guru kemudian diletakkan ke dalam piring, dan anak diminta mengamati apa yang terjadi…
  • Kalau ikannya tidak di air, apa yang terjadi anak-anak? (ikannya marah/menggelepar-gelepar, ikannya mati….)
  • Jadi ikannya tidak bisa hidup di darat, ikan hidup di air
  • Makannya ikan ?   (cacing, pelet)

Anak-anak sangat aktif dan antosias dalam pembelajaran berbasis riset, rasa ingin tahu anak sangat besar. Dengan PBR anak belajar mengamati, memegang/merasakan, dan mengkomunikasikan apa yang diketahui/diperoleh anak.  

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment