Article Detail
Mengamati Ikan
PBR
Mengamati “Ikan”
Guru menyiapkan satu ekor ikan hidup, toples kaca, pelet/makanan ikan.
- Ikan berada di dalam toples yang berisi air
- Guru mengajak anak-anak untuk mengamati ikan, kemudian guru memulai dengan pertanyaan
- Ikannya sedang apa ya……… (sedang berenang……)
- Berenangnya dimana………… (di air…..)
- Coba dilihat…..apa saja yang dimiliki ikan…..(matanya ada dua, warnanya merah, pipinya gerak-gerak, mulutnya satu buka tutup buka tutup, punya sirip, ekor, sisik……dan masih banyak lagi jawaban anak-anak)
- Sirip ikan untuk apa ya? ( berenanggg)
- Kalau ekornya untuk apa anak-anak? (dibelok-belokkan…)
- Percobaan berikutnya ikan diangkat guru kemudian diletakkan ke dalam piring, dan anak diminta mengamati apa yang terjadi…
- Kalau ikannya tidak di air, apa yang terjadi anak-anak? (ikannya marah/menggelepar-gelepar, ikannya mati….)
- Jadi ikannya tidak bisa hidup di darat, ikan hidup di air
- Makannya ikan ? (cacing, pelet)
Anak-anak sangat aktif dan antosias dalam pembelajaran berbasis riset, rasa ingin tahu anak sangat besar. Dengan PBR anak belajar mengamati, memegang/merasakan, dan mengkomunikasikan apa yang diketahui/diperoleh anak.
Comments
-
there are no comments yet
Leave a comment