Article Detail

Tempe Buatanku Enak

Tempe Buatanku Enak

 

Bermain merupakan kebutuhan anak yang paling mendasar, dengan bermain anak berinteraksi dengan dunia sekitarnya. Anak bisa mengetahui dan melakukan banyak hal dengan bermain, selain itu anak juga bisa belajar banyak dengan bermain.  Penyampaian materi pembelajaran di TK lebih menggunakan metode bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain agar materi mudah ditangkap dan setiap kegiatan akan lebih menarik juga menyenangkan untuk anak-anak.

 Anak-anak TK Tarakanita Solo Baru,  pada saat pembelajaran dengan  tema api , mengenal kegunaan dan bahaya api dan secara langsung mempraktekkan salah satu kegunaan api yaitu untuk memasak . Pada hari Jumat tanggal 7 April 2017 anak-anak praktek memasak membuat tempe goreng. Sebelumnya Ibu guru menjelaskan bagaimana cara membuat tempe goreng dan mengingatkan agar anak-anak hati-hati saat menggoreng jangan terlalu dekat dengan api dan wajan yang berisi minyak panas. Setelah itu anak-anak mulai praktek membuat adonan tepung seperti layaknya mereka bermain, mengaduk-aduk dan  memasukkan bumbu yang sudah disiapkan guru, juga  melumuri tempe yang sudah dipotong-potong, setelah adonan siap dan minyak panas, satu persatu anak-anak mencoba memasukan tempe yang sudah dilumuri tepung kedalam wajan .  Anak-anak melakukan dengan senang , mereka bekerja sama agar adonan tepung,  bumbunya pas dan tempe yang dibuatnya enak.  Tidak  terlalu lama menunggu hasil gorangannya sudah matang , anak-anak sangat senang dan puas dengan hasil karyannya. Tempe masih panas....kita tunggu sebentar ya nak....baru kita makan, kata bu guru. Setelah tempe sudah hangat anak-anak mulai menyantapnya, ternyata tempe buatanku enak ya bu ........mereka makan dengan lahap tempe buatannya sendiri.

 Melalui kegiatan ini anak-anak belajar bagaimana bekerjasama dengan temannya, anak-anak juga belajar berhati-hati menggunakan api dan barang panas lainnya, dan anak bangga dengan hasil karyanya sendiri dan bersyukur atas rejeki yang sudah Tuhan berikan. 

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment